Abbas bin Abdul Muthalib

Labels:

Abbas bin Abdul Muthalib
Lahir 566 – wafat 653

Abbas bin Abdul Muthalib adalah paman Rasulullah SAW dan salah seorang yang paling akrab dan yang paling sayanginya. Rosul senantiasa bersabda "Abbas adalah saudara kandung ayahku. Barangsiapa yang menyakiti Abbas sama dengan menyakitiku."Pada zaman Jahiliyah, ia mengurus kemakmuran Masjidil Haram dan melayani minuman bagi para jamaah haji.

Abbas adalah saudara bungsu ayah Nabi SAW, Abdullah bin Abdul Muthalib. Menurut sejarah, ia dilahirkan tiga tahun sebelum kedatangan Pasukan Gajah yang hendak menghancurkan Baitullah di Makkah. Ibunya, Natilah binti Khabbab bin Kulaib, adalah seorang wanita Arab pertama yang mengenakan kelambu sutra pada Baitullah.

Pada waktu Abbas masih anak-anak, ia pernah hilang. Sang ibu lalu bernazar, kalau putranya itu ditemukan, ia akan mengenakan kelambu sutra pada Baitullah. Tak lama kemudian, Abbas ditemukan, maka ia pun menepati nazarnya itu.

Abbas kemudian menikah dengan Lubabah binti Harits, juga dikenal dengan sebutan Ummu Fadhl, yang dalam sejarah Islam menjadi wanita kedua yang masuk Islam. Lubabah masuk Islam pada hari yang sama dengan sahabatnya, Khadijah binti Khuwailid, yang tidak lain adalah istri Muhammad SAW. Abbas dan Lubabah adalah orang tua dari Al-Fadhl, Abdullah, Ubaidillah dan Qasim bin Abbas.

Pada tahun-tahun awal perjuangan Nabi SAW menyampaikan dakwah Islam, Abbas selalu melindungi Rasulullah dari orang-orang Quraisy yang hendak mencelakakan beliau. Walaupun pada saat itu, ia sendiri belum masuk Islam. Beliau juga membantu Rosul dalam bai'at Aqabah.

Istri Abbas bin Abdul Muthalib
1. Lubaba binti harist
2. Fatima binti Junayd
3.Hajila binti Jundub ibn Rabia
4. Musliya
5. Tukana

Anak-anak Abbas bin Abdul Muthalib
1. al-Faraa
2. al-Fadl
3. Abdullah
4. Ubaydullah
5. Quthum
6. Maabad
7. Abdurrahman
8. Umm Habib
9. al-Harits
10. Aowm
11. Mushir
12. Kathir
13. Amina
14. Safiya
15. Tammam
16. Dilawar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »