KERAJAAN ISLAM PERTAMA DI INDONESIA

Labels: , ,
KERAJAAN SAMUDRA PASAI
Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau antara abad ke 7 dan abad ke 8 Masehi. Daerah pertama kali yang disinggahinya ialah pesisir Sumatra. Penyebar agama Islam yang datang dari Arab, Mesir, Persia dan Gujarat. Sekitar tahun 674M para saudagar dapat di jumpai di beberapa pelabuhan di Sumatra, yaitu di Barus yang terletak di pesisir barat Sumatr, Lamuri di Pesisir Timur Sumatra, dan pesisir lainya seperti Perlak di Samudra Pasai.
Seiring berjalanya waktu pemeluk Islam di Indonesia makin bertambah. Selanjutnya, mereka mulai mendirikan kerajaan-kerajaan dan menerapkan sistem pemerintahan yang islami. Kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia antara lain Kerjaan Samudra Pasai, Kerajaan Malaka, Kerajaan Aceh Darussalam, Kerajaan Demak, Kerajaan Banten, Kerajaan Mataram, Kerajaan Gowa dan Tallo, serta kerajaan Ternate dan Tidore.
Kerajaan pertama Islam di Indonesia
SAMUDRA PASAI
Kerajaan samudra didirikan pada abad ke 11 oleh Meurah Khair. Kerajaan ini terletak di pesisir timur Laut Aceh. Dalam catatan sejarah kerajaan ini merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Penguasa Kerajaan Samudra Pasai terdiri atas dua dinasti. Dinasti pertama adalah dinasti Meurah Khair dan dinasti kedua adalah Dinasti Merah Silu.

Dinasti Meurah Khair
Pendiri dan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai adalah Meurah Khair. Ia bergelar Maharaja Mahmud Syah (1042-1078 M). Pengganti Meurah Khair adalah Maharaja Mansyur Syah yang berkuasa dari tahun (1078-1133 M). Pengganti Maharaja Mansyur syah adalah Maharaja Giyasuddin Syah. Ia berkuasa dari tahun 1133-1155 M. Raja kerajaan Samudra Pasai berikutnya adalah Meurah Noe yang bergelar Maharaja Nuruddin. ia berkuasa dari tahun 1155-1210 M. Raja ini dikenal juga dengan sebutan Tengku Samudra atau Sultan Nazimuddin al Kamil. Sultan ini sebenarnya berasal dari Mesir yang ditugaskan sebagai laksamana untuk merebut pelabuhan di Gujarat. Raja ini tidak memiliki keturunan sehingga pada saat ia wafat, Kerajaan Samudra Pasai dilanda kekacauan karena perebutan kekuasaan.

MASIH BERLANJUT .....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »