SAHABAT NABI - Umar bin Khattab

Labels: ,
Umar bin Khattab

Riwayat Hidup
Umar bin Khattab memiliki nama lengkap Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza. Dia berasal dari Bani Adi bin Ka'ab. Bani Ka'ab adalah kelompok kecil dari suku Quraisy. Orang tuanya bernama Khattab bin Nufail al Mahzumi al Quraisy dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Keuarga Umar bin Khattab tergolong kelas menengah yang terpandan mulia dab mempunyai martabat tinggi. Rosulullah memberinya gelar "al Faruq" yang berarti pembeda antara kebenaran dan kebathilan. Maksudnya, Allah S.W.T telah memisahkan dalam diri Umar antara yang hak dan yang batil.
Khalifah Umar bin Khattab juga sangat mashur di kalangan orang Quraisy karena fisiknya yang kuat. Pada zaman dahulu orang sangat takut dan gentar mendengar nama Umar bin Khattab.
Sebelum masuk Islam, Umar bin Khattab pernah mengubur putrinya hidup-hidup sevagaimana tradisi kaum Jahiliyyah Makkah saat itu. Mabuk mabukan juga merupakan hal yang umum dikalangan kaum Quraisy. Tetapi, semua kebiasaan buruk yang dilakukan pada masa sebelum masuk agama Islam ditinggalkanya. Bahkan setelah masuk Islam dan diturunkan ayat yang melarang minuman keras (khamer) Umar bin Khattab tidak pernah menyentuhnya sama sekali. Kehidupan Umar bin Khattab benar-benar berubah.
Masuknya Umar bin Khattab adalah sebuah keajaiban. Dalam sebuah riwayat dikatakan Rosulullah berdoa' ... Ya Allah, kuatkanlah islam dengan salah satu dari dua Umar. Umar bin Hisyam (Abu Jahal) atau Umar bin Khattab.

Sejak Umar bin Khattab masuk Islam, banyak keluarganya dan tokoh-tokoh Arab lainya menyusul, sehingga jumlah kaum muslimin semakin bertambah. Dakwah Islam pun tidak lagi dilakukan sembunyi-sembunyi. Ketegasan dan keberanian Umar merupakan kekuatan besar dalam pengembangan Islam selanjutnya.

bersambung ....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »