KHUTBAH JUM'AT - DZIKRULLAH

Labels: ,
KHUTBAH JUM'AT
KUMPULAH KHUTBAH (AULIA RAHMAN N L.C)
DZIKRULLAH MEMBERI KETENANGAN JIWA

KHUTBAH 1
الحمد لله الذى لا اله الا هو عليه توكلت
اشهد ان لا اله الا الله و أشهد ان سيدنا و نبينا محمدا عبده ورسوله بالمؤمنين رءوف رحيم
صلوات الله وسلامه عليه وعلى ابائه و اخوانه من النبيين و المرسلين و على اله و اصحابه اجمعين وتابعيهم باحسان الى يوم الدين.
امل بعد
فيا ايها المؤمنون، اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون قال الله تعالى فى كتابه الكريم، اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. واذكر ربك فى نفسك تضرعا وخيفة و دون الجهر من القول بالغدو و الاصال ولا تكن من الغافلين.

Artinya: dan ingatlah kepada Allah di dalam dirimu dengan penuh tadar'ru. Dan takut tanpa mengeraskan suara di pagi hari dan di waktu sore dan janganlah engkau termasuk orang-orang yang lupa. (Q.s al A'raf : 205)

JAMA'AH SHOLAT JUM'AT ROHIMAKUMULLAH
Bertaqwalah kepada Allah dengan sebar-benarnya taqwa kepadanya. Dan janganlah sekali-kali kamu mati melaikan dalam keadaan beragama Islam.
Sungguh hati manusia dapat berkarat seperti berkaratnya besi, dan dapat rusak seperti rusaknya tanaman. Pada saat itu hati bagai seorang yang sakit yang harus diberi obat untuk kesembuhanya dan keselamatanya. Adapun obat untuk hati seseorang adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah.
Isam mengajarkan kita untuk menghidupkan hati, mengobati, dan menyinari hati setiap orang serta mencegah nya dari kematian, kebinasaan dan penyakitnya. Islam datang untuk mengatur hati setiap mukmin terkait erat dengan Allah Yang Maha Mulia dan sekaligus memutuskan segala penyebab jauhnya, lupanya, berpaling nya dan lalainya hati seorang kepada Khaliqnya.
Seperti yang telah di sebutkan dalam al Qur'an di atas Q.s al A'raf: 205 yang artinya;
Artinya: dan ingatlah kepada Allah di dalam dirimu dengan penuh tadar'ru. Dan takut tanpa mengeraskan suara di pagi hari dan di waktu sore dan janganlah engkau termasuk orang-orang yang lupa. (Q.s al A'raf : 205)

JAMA'AH JUM'AT YANG DIMULIAKAN ALLAH
Adapun kebaikan dzikir "seperti yang telah dikatakan oleh Ibnu Qayyim R.a: "ketahuilah bahwa gedung-gedung di surga sedang dibangun dengan dzikir seseorang. Jika ia berhenti berdzikir maka para malaikat berhentu pula membangun rumah-rumah tersebut. Dzikir juga dapat menghalangi seseorang dari sentuhan api neraka Jahanam. Jika seseorang memiliki jalan yang menuju neraka jahanam karena dosa-dosanya, maka dzikir dapat mencegah jalan-jalan itu.
Para malaikat akan memohonkan ampun bagi seseorang yang suka berdzikir seperti ketika mereka memohonkan ampun bagi orang-orang yang bertaubat. Gunung-gunung dan lembah-lembah membanggakan dan bergembira dengan orang yang suka berdzikir kepada Allah.

MA'ASYIROL MUSLIMIN SHOLAT JUM'AT YANG DIMULIAKAN ALAH
Ketahuilah, berdzikir jika dibandingkan dengan amal-amal shaleh lainya, naka dzikir mempujyai kelezatan sendiri yang tidak dapat disamai dengan kelezatan ibadah-ibadah yang lain. Andaikata orang yang beramal saleh tidak mendapat pahala apapun selain kelezatan yang diberikan kepada orang-orang yang suka berdzikir, maka kelezatan itu sudah cukup baginya, meskipun tidak diberi pahala yang lain. Dzikir bisa menambah keceriaan pada wajah pelakunya ketika di dunia dan akan menjadi cahaya ketika di akhirat. Seorang yang selalu berdzikir ketika di jalan, di rumah, ketika berpergian, ketika dimanapun berada, maka dzikir akan menjadi saksi bagi pelakunya di hari kiamat.
Syekh Ibnu Taimiyah berkata: "siapa yang merasa susah di hatinya, maka obatilah dengan bersandar, bertadaru' dan berdoa kepada Allah. Mengikhlaskan ketetapan Allah (qodho & qadar) dan selalu mendekatkan diri kepadanya serta yakin bahwa ketetapanya adalah yang terbaik untuk kehidupan dunia dan akhirat kita. Hendaknya ia memperbanyak ber istighfar memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan berdzikir dengan berdoa kepadanya seperti yang telah di ajarkan oleh nabi kita Muhammad S.A.W di waktu pagi sampai menjelang tidur. Setiap mukmin haruslah sabar dan istiqomah menjaga shalatnya tepat waktu dan banyaklah berdoa ketika menhadapi ujian dan cobaan, karena Allah pasti akan mengabulkan doa-doa hambanya. Ketahuilah bahwa kemenangan, kemudahan dan kesenangan akan datang jika seseorang bersabar, karena kesuksesan seorang tidak akan ia peroleh, kecuali dengan kesabaran.

MA'ASYIROL MUSLIMIN JAMA'AH SHOLAT JUM'AT YANG BERBAHAGIA
Hendaknya kita memperbanyak berdzikir kepada Allah agar memperoleh keberuntungan di dunia maupun di akhirat. Berdzikir kepada Allah dengan hati, lisan dan perbuatan. Maksud berdzikir kepada Allah dengan hati adalah ikhlas dan mengingat kemuliaan, keagungan, kekuasaan penciptaan dan perlindungan Allah kepada makhluk Nya. Selain itu, iringi dzikir kepada Allah dengan perasaan takut terhadap siksa Nya karena dosa-dosa yang disebabkan oleh cinta terhadap harta (kemudian melupakan kewajiban terhadap harta berupa zakat dan shadaqah), riya (beribadah karena ingin dipuji), sombong dan nafsu birahi (zina), iri hati terhadap kenikmatan yang di berikan Allah kepada orang lain, dengki dan lain sebagainya. Kesemuanya harus dihilangkan dari hati kita, disaat sedang berdzikir kepada Allah S.W.T
Adapun berdzikir kepada Allah dengan lisan, yaitu mengucapkan kalimat-kalimat tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), takbir (Allahuakbar), tahlil (la ilaha illAllah), kemudian yang paling utama dari berdzikir adalah membaca al Qur'an sebanyak-banyaknya.
Dan berdzikir kepada Allah dengan perbuatan ialah menjalankan semua perintah Nya dan menjauhi segala sesuatu yang di larang oleh Nya. Seseorang yang berharap mendapatkan pahala dari Allah ketika ia melakukan kebaikan dan menjauhi segala perbuatan dosa karena takut akan siksa Nya, maka ia mentaatinya karena Allah semata.
Hendaknya kita berdzikir kepada Allah dengan hati yang jujur, ikhlas, dan mengucapkanya dengan kesungguhan jiwa. Yaitu menyertakan hati dengan lisan dan merealisasikannya dengan mengerjakan segala rukun islam dan menjaga segala syiar-syiar agama dan iman. Siapapun yang menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Nya maka perbuatan itu termasuk dari bagian dzikir.

JAMA'AH SHOLAT JUM'AT YANG DIRAHMATI ALLAH
Hendaknya kita selalu takut kepada siksa Allah dan selalu mengingat segalah kasih sayang dan karunia Nya yang begitu besar yang telah di berika Nya kepada kita semua setiap detiknya. Dengan berdzikir kepada Allah maka Allah juga akan mengingat kita dengan itu semoga kita mendapatkan pertolongan Allah kelak di hari kiamat, di padang mahsyar dan pada hari pembalasan.
Dzikir kepada Allah dapat menjadikan jiwa kita bersih, mejlis-majlis kita indah dan mendapatkan keberkahan dari Allah S.W.T

Semoga kita semua di jadikan orang-orang yang selalu berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, bukan berlomba menumpuk harta benda (yang di akhirat kelak membuat kita menjadi susah), bukan juga saling iri, dengki, hasud, dendam dan lain sebagainya yang membuat hati kita menjadi sakit yang kemudian menjadikan hidup kita susah & tidak tenang akibat dari penyakit yang menempel pada hati kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »